Mulfarinon,S.Pd.I

Mengajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Payakumbuh sejak Tahun 2010, Bidang Studi yang diajarkan adalah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Fi...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGUBUR RINDU PADA BAITULLAH DI TENGAH PANDEMI
gambar: bogor.tribunnews.com

MENGUBUR RINDU PADA BAITULLAH DI TENGAH PANDEMI

MENGUBUR RINDU PADA BAITULLAH DI TENGAH PANDEMI

TantanganGurusiana ke-115

Berkunjung ke Kota Makkah Al Mukarramah dan bersujud di muka Ka’bah adalah sesuatu yang sangat dirindukan oleh semua orang Muslim. Untuk mewujudkan hal itu, berbagai cara dilakukan umat Islam, baik dengan cara menunaikan ibadah umrah, maupun dengan melaksanakan ibadah haji.

Tidak semua orang Islam memiliki kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut, terutama melaksanakan ibadah haji. Harus mengikuti prosedur yang sangat ketat bagi seorang muslim yang ingin berhaji, mereka sebelumnya harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor porsi. Kemudian, dengan telah adanya nomor posri, barulah dia akan mengetaui tahun berapa dia mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ini.

Mengingat begitu antusias dan besarnya keinginan masyarakat untuk berhaji, maka akan semakin menambah deretan panjang masa antrian/tunggu, bahkan tak sedikit dari mereka yang harus sabar menunggu giliran sampai belasan tahun ke depan.

Sesuai dengan kondisi yang dihadapi dunia sekarang ini. Masa pandemi yang merambah ke seluruh penjuru dunia, berimbas kepada semua sektor, tak terkecuali dengan pelaksanaan Haji dan Umrah.

Umat muslim yang telah keluar nomor porsinya untuk berangkat tahun ini, harus bersabar dan menerima kenyataan, bahwa pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini sudah dapat dipastikan telah ditiadakan, terkait dengan masa pandemi yang masih melanda tanah air maupun Arab Saudi.

Kumparan merilis (2/06/2020) "Pemerintah tidak memberangkatkan haji 2020," kata Menag Fachrul Razi dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/6).

Indonesia pada tahun ini mendapatkan kuota haji untuk 221.000 orang. Jumlah ini terdiri dari 203.320 kuota haji 2020 reguler dan 17.680 kuota haji khusus.

Dengan peniadaan ini, artinya ratusan ribu calon jemaah itu gagal berangkat haji pada tahun 2020. Kemenag telah berkomunikasi dengan MUI dan Komisi VIII terkait pembatalan pemberangkatan ibadah haji 2020.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga telah menegaskan larangan umrah masih berlaku walau pelonggaran lockdown diterapkan.

Penangguhan umrah dilakukan Arab Saudi pada akhir Februari lalu setelah kasus virus corona mulai bermunculan di negara itu. Larangan masih ditetapkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

"Penangguhan ini akan mengalami peninjauan secara berkala sesuai dengan kurva pandemi dan rekomendasi akan dikeluarkan oleh komisi ad-hoc," ujar Kementerian Haji Arab Saudi, diberitakan media Arab, Gulf News, pada Kamis (28/5).

Kita hanya dapat berdoa kepada Allah, semoga masa pandemi ini segera berakhir, sehingga kita bisa kembali menjalankan kehidupan normal, tanpa ada lagi rasa was-was akan terpapar wabah virus Corona. Aamiin.

Payakumbuh, 03 Juni 2020

#365_Hari_Menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sementara ditunda dulu rasa yang membuncah itu ya pak. Semoga tahun depan semua baik baik saja

03 Jun
Balas

Aamiin. Iya Pak Warsono. Hiks..hiks...

03 Jun

Takdir memang demikian adanya... Kerinduan juga sudah sampai ke langit.. Realisasi ? Hanya Allah Yang Maha Tahu ! Sukses selalu sahabatku !

03 Jun
Balas

Iya Pak Saeful. Kita hanya bisa berencana, keputusannya ada di tangan Allah. Terima kasih kawan yg telah sempat hadir, salam

03 Jun

Keren pak..Semua ini pasti ada hikmahnya...mgkn ini yg terbaik saat ini.

03 Jun
Balas

Iya Buk Il. Makasih tlah hadir. Salam

03 Jun

Semoga ada kemudahan, dan wabah segera berakhir

04 Jun
Balas

Wah keren,ttp berkarya,jangan lupa follow akun saya,mari berbagi

03 Jun
Balas

Makasih Pak. Insya Allah. Kita sama2 berbagi ilmu. Salam hormat saya

03 Jun



search

New Post