Mulfarinon,S.Pd.I

Mengajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Payakumbuh sejak Tahun 2010, Bidang Studi yang diajarkan adalah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Fi...

Selengkapnya
Navigasi Web
JANGAN BERCANDA YANG BERLEBIHAN PADA ORANG-ORANG DI BAWAH INI, SANGAT BERBAHAYA!!!

JANGAN BERCANDA YANG BERLEBIHAN PADA ORANG-ORANG DI BAWAH INI, SANGAT BERBAHAYA!!!

JANGAN BERCANDA YANG BERLEBIHAN PADA ORANG-ORANG DI BAWAH INI, SANGAT BERBAHAYA!!!

#TantanganGurusiana Hari ke-118

Bercanda sih boleh-boleh saja, asalkan bahan candaan itu menyangkut hal-hal yang biasa. Karena, jika bercanda terlalu berlebihan, biasanya akan menimbulkan sesuatu yang tidak baik, bahkan bisa juga akan menjadi sebuah pemicu yang berujung pada sebuah perkelahian dan tak jarang menimbulkan korban jiwa.

Sebagaimana banyak pemberitaan yang dapat kita saksikan di televisi dan berita di koran-koran, serta media online, hendaknya hal ini menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua.

Hanya karena masalah sepele, seorang pemuda nekat menghabisi nyawa temannya, dan seorang tetangga yang tega membunuh tetangganya sendiri.

Berikut ini ada empat jenis kondisi orang-orang yang tidak boleh dijadikan sebagai bahan candaan, sangat berbahaya. Siapakah itu?

1. Laki-laki yang Ditinggal Mati Istrinya

Jodoh, rezeki dan maut adalah kuasa Allah. Semua yang bernyawa pasti akan mati. Begitulah, tiada yang tahu kapan ia akan mati, dan kapan ia akan ditinggal mati.

Seorang laki-laki yang baru saja ditinggal mati oleh istrinya yang tercinta, pastilah sangat merasakan kesedihan yang sangat mendalam. Jangan diperolok-olok apalagi dijadikan bahan candaan dihadapan teman-temannya. Ini adegan yang sangat berbahaya, bisa-bisa kepala anda akan benjol-benjol atau bisa juga anda akan diusung dengan keranda. Lebih baik menghiburnya agar dia dapat ceria kembali, supaya luka hatinya dapat terobati, hiks..hiks..hiks..

2. Para Jomblo yang Belum Ketemu Jodohnya

Nah, ini yang jauh lebih parah. Seseorang yang sedang hidup sendiri pastilah ingin segera melepas status singlenya, tetapi apa hendak dikata, karena Allah belum mengirimkan seseorang sebagai jodoh untuknya. Jangan sekali-kali Anda perolok-olok orang ini, apalagi menjadikannya sebagai bahan candaan. Kalau anda tidak punya helm, bisa-bisa kepala Anda bisa bonyok-bonyok, bahkan hidung Anda bisa tak dilalui nafas lagi, haha.

3. Wanita yang Kehilangan Anak Satu-satunya

Siapa yang tidak senang dab bahagia memiliki anak-anak, apalagi anak-anak tersebut adalah anak-anak yang membuat mereka bangga sebagai orang tua. Coba kita bayangkan sejenak, kesedihan mendalam yang dirasakan oleh seorang wanita yang kehilangan anak semata wayangnya, apalagi anaknya itu telah tumbuh menjadi anak yang telah remaja, tentu dia merasakan, bahwa semangat hidupannya telah hilang dari dalam dirinya. Apalagi dia tak bisa lagi memiliki anak, karena mungkin saja dirinya tak bisa hamil lagi. Tak jarang wanita dalam kondisi ini, tiba-tiba menjadi stress bahkan ada yang bunuh diri.

Jika Anda bertemu dengan wanita yang mengalami situasi seperti ini, maka jangan Anda perolok-olok atau Anda jadikan sebagai bahan candaan. Bisa-bisa rambut anda akan tercabut dari kulit kepala Anda dengan paksa, hihihi.

4. Pasangan Setia yang Belum Memiliki Keturunan

Siapa sih yang tak ingin punya anak? Apalagi pasangan setia yang telah lama sekali merindukan hadirnya si cabang bayi. Membuat candaan atas kekurangan mereka tentang itu sangatlah berbahaya, Anda dapat membayangkan kekuatan tinju Mike Tyson? Nah, kekuatan tinju mereka bisa jauh lebih dahsyat dari itu. Jangan coba-coba. Bisa-bisa tubuh Anda akan terdampar ke dalam tiga kondisi ini, yaitu ke rumah sakit, ke penjara atau ke dalam kuburan, hahaha

Nah itulah empat kondisi orang-orang yang tidak boleh dijadikan sebagai bahan candaan, agar hubungan baik tetap terpelihara.

Payakumbuh, 7 Juni 2020.

#Tantangan_Menulis_365_Hari

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah... Mantap artikelnya pak Mul. Mencerahkan dan memang benar begitu sih

07 Jun
Balas

Makasih Pak War, salam sukses selalu Pak. Kok Bapak jarang muncul di grup kita ya? Salam

07 Jun

Iyo bana tu mah Pak Mulfarinon, bagarah ko ditampekno. Tarimo kasih jo pencerahanno. Salam hormat.

07 Jun
Balas

Hehe, iyoBuk. Ndak kasadonyo do dijadian bahan untuak bagarah2, salam

07 Jun

siap

07 Jun
Balas

Haha, makasiiih..

07 Jun

Ok pak

07 Jun
Balas

Hahaha

07 Jun

Keren tips nya.. sangat bermanfaat.. intinya tidak perlu julid sama org ya Pak..salam

07 Jun
Balas

Iya Buk, salam

07 Jun

ha..ha., yg nomer dua yg keren...juga pada mereka yg nomer 4 nih, punya kartu ATM tapi gak ada isinya he..he., jangan diajak bercanda ya..salam

07 Jun
Balas

Hahaha, iya Pak, bisa2 terjadi lagi perang Irak-Iran. Hehe. Salam

07 Jun

makin keren, inspiratif, dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk banyak orang.

07 Jun
Balas

Aamiin. Makasih Pak. Salam

07 Jun

Iya Bu. Semoga kita kedepannya smakin hati2 lagi dalam bercanda ya. Salam

07 Jun
Balas

Trksh infonya pak.

07 Jun
Balas

Iya Buk, sama2

07 Jun

Teri kasih Bapak sudah dingatkan.Kadang-kadang kita sengaja menanyakan hal tersebut.Nah kita tidak tahu bahwa lawan bicara kita tersinggung.

07 Jun
Balas

Iya Buk, sangat banyak masalah dan kasus2 timbul dari hal yang sepele ini

07 Jun

Terima kasih Bapak infonya.Kadang kita tak sengaja bertanya hal tersebut

07 Jun
Balas

Iya Bu. Terkadang kita tak sadar bahwa pertanyaan itu akan menyinggung perasaan orang lain.

07 Jun



search

New Post