Mulfarinon,S.Pd.I

Mengajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Payakumbuh sejak Tahun 2010, Bidang Studi yang diajarkan adalah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Fi...

Selengkapnya
Navigasi Web
ORANG YANG BANYAK BICARA TAK MENJAMIN MENGHASILKAN BANYAK KARYA

ORANG YANG BANYAK BICARA TAK MENJAMIN MENGHASILKAN BANYAK KARYA

Kemampuan berbicara seseorang anak biasanya telah nampak dan kelihatan ketika anak tersebut masih belajar di SD, disitu kita sudah dapat melihat, seorang anak yang punya kemampuan untuk berbicara, ketika tampil pada kegiatan Muhadharah contohnya, seorang anak yang pandai berbicara dia akan mampu merangkai kata-katanya dengan baik, misalnya ada anak yang berpidato, dengan mudah ia merangkai kata-katanya dengan baik seolah-olah ia tidak membaca teks yang telah ia hafal, atau seorang anak yang gemar berpuisi, ia mampu menggunakan intonasi yang sangat bagus sehingga orang-orang yang mendengarnya menjadi terpukau dengan puisi yang dibacakannya dengan perasaan.

Kemudian ketika ia telah duduk di bangku SMP, kemampuan berbicaranya akan berangsur-angsur akan jauh lebih baik ketimbang ia duduk di SD, jiwa seseorang yang akan pandai berbicara di muka umum perlahan mulai menonjol dibandingkan dengan kawan-kawan nya sehingga menjadikannya sebagai seseorang mampu menjabat amanah sebagai ketua OSIS misalnya,

Kemudian ketika ia telah duduk di bangku SMA, kemampuan berbicaranya akan semakin lebih meyakinkan lagi dibandingkan dengan ketika ia duduk di bangsu SMP karena semakin dewasa nya dalam mematangkan diri. Dia akan semakin percaya diri, makin berwibawa, sehingga buah tuturnya akan sarat dengan makna.

Lanjut ketika ia duduk di bangku Perkuliahan, Di situlah ia akan tampil dengan kepiawaiannya sebagai seorang pembicara yang baik. Bisa jadi ia akan menjadi seorang Ketua BEM atau pun telah dilirik oleh kampus untuk posisi tertentu, bahkan instansi dari luar pun akan memanfaatkan dirinya dalam memegang suatu job tertentu.

Tetapi terkadang ada seseorang yang mempunyai keahlian berbicara, banyak berbicara, senang berbicara atau di setiap pertemuan dia akan selalu tampil mendominasi sebagai pembicara, seolah-olah apabila dia tidak berbicara, dia tidak akan merasakan suatu kebahagiaan dan kepuasan.

Seseorang yang banyak bicara tidak menjamin dia akan menghasilkan banyak karya, tetapi seseorang yang mempunyai hasil karya pasti ia adalah orang yang pandai berbicara, pandai menyampaikan maksud dan tujuan, mengemukakan ide dan gagasangagasan nya, sehingga orang dengan mudah mengerti dan paham apa yang ia paparkan.

Tetapi di sisi lain ada juga sebagian orang yang mempunyai banyak hasil-hasil karya dan karya-karya nya dipergunakan banyak orang, dijadikan acuan atau perbandingan terhadap suatu persoalan, tetapi belum tentu Ia adalah orang yang pandai berbicara. Mungkin saja ia hanya bisa mengungkapkan apa yang ia pikirkan lewat tulisan-tulisan yang akan menjadi sebuah hasil karya. nah Bagaimana dengan kita? Hanya kita lah yang tau.

Silahkan dikoreksi dan dikritik sebagai masukan.

Payakumbuh, 17 Ferbruari 2020. Sore, 15.36

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar pak Enon, sering juga kita remui orang yang merangkai kata2 kewat tulisab ,tapi tak punya retorika ketika berbicara...

17 Feb
Balas

Yo.pak lebih baik banyak kerja ada hasilnya dari pada kita hanya pandai bekoar saja.di suruh betul tak mau

17 Feb
Balas

Hahaha iyo diak

17 Feb

Yo.pak lebih baik banyak kerja ada hasilnya dari pada kita hanya pandai bekoar saja.di suruh betul tak mau

17 Feb
Balas

Yo.pak lebih baik banyak kerja ada hasilnya dari pada kita hanya pandai bekoar saja.di suruh betul tak mau

17 Feb
Balas

Iyo uni, karena keahlian nyo hanyo bisa disalurkan pada tulisan hehe

17 Feb
Balas



search

New Post